likuidasi stok berlebih (excess inventory liquidation)

Tidak selamanya bisnis dapat berjalan dengan lancar. Salah satu resiko yang dirasakan oleh perusahaan adalah stok berlebih yang tidak berhasil dijual. Di sinilah, likuidasi stok berlebih dapat menjadi solusi dari masalah tersebut.

Seperti yang diketahui, stok berlebih atau excess inventory dapat menjadi momok jika tidak ditangani segera. Perusahaan yang mengalami masalah ini umumnya akan menerapkan likuidasi terhadap stok yang berlebih.

Lalu, apakah benar jika stok sisa tersebut dapat dilikuidasi untuk mendapat keuntungan kembali? Maka itu, pelajari bagaimana solusi tersebut dapat meningkatkan profitabilitas dan efisiensi melalui pembahasan berikut.

Pentingnya Likuidasi Stok Berlebih (Excess Inventory Liquidation)

Inventaris berupa stok barang merupakan salah satu aset terpenting yang dimiliki oleh perusahaan. Akan tetapi, akan selalu ada keadaan dimana sebagian stok tidak berhasil di jual, dan kemungkinan menumpuk.

Kondisi yang dinamakan dengan stok berlebih atau excess stock/inventory ini, akan memicu permasalahan jika dibiarkan menumpuk di gudang. Beberapa masalah diantaranya seperti:

Dari sini, dapat dilihat betapa pentingnya likuidasi stok berlebih (excess inventory liquidation) terhadap manajemen perusahaan. Karena dengan likuidasi stok yang berlebih, maka masalah-masalah yang dibahas di atas dapat terhindar.

Hubungan Antara Likuidasi dan Profitabilitas

Untuk mengetahui hubungan di antara ke duanya, mari kenali dulu apa itu profitabilitas. Profitabilitas merupakan tolak ukur finansial untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam memperoleh keuntungan bersih.

Semakin tinggi profitabilitasnya, maka perusahaan dianggap efisien dalam memperoleh keuntungan dibandingkan biaya operasionalnya. Untuk itu, perusahaan perlu meningkatkan keuntungan bersih dari penjualan.

Likuidasi pada dasarnya akan meningkatkan profitabilitas, karena mampu meningkatkan keuntungan bersih. Ini karena likuidasi memberikan manfaat positif seperti berikut:

Dengan manfaat tersebut, likuidasi dan profitabilitas terbukti saling berhubungan dengan erat. Perusahaan akan mampu dan lebih efisien dalam meraup pendapatan, untuk membayar biaya operasionalnya sehari-hari.

Manfaat Likuidasi Stok (Excess Stock)

Apabila likuidasi memang terkait dengan profitabilitas perusahaan, maka apa saja manfaat dari likuidasi stok barang yang berlebih? Ada dua manfaat yang akan paling dirasakan oleh perusahaan, yaitu:

1. Peningkatan Arus Kas

Arus kas atau cash flow merupakan aliran pendapatan dan pengeluaran yang dimiliki perusahaan, dalam waktu yang ditentukan. Arus kas ini meliputi segala pemasukan, biaya, dan hutang yang akan dibayar perusahaan.

Likuidasi stok berlebih akan dapat meningkatkan arus kas, karena perusahaan dapat menambah pendapatan dari menjual stok berlebih. Anggap likuidasi ini dapat dipakai saat perusahaan butuh uang tambahan.

Dengan begitu, likuidasi akan membantu perusahaan membiayai kewajibannya, membeli investasi baru, atau mengurangi hutangnya. Aktifnya aktivitas-aktivitas tersebut menjadi faktor meningkatnya arus kas.

2. Efisiensi Operasional

Likuidasi dari stok berlebih juga akan mempengaruhi tingkat efisiensi operasional perusahaan. Adapun faktor dari efisiensi tersebut adalah meningkatnya rasio perputaran inventaris (inventory turnover ratio). 

Likuidasi stok yang berlebih akan membuat perusahaan dapat kembali membeli produk atau barang yang permintaannya lebih tinggi. Ini membuat perusahaan dianggap efisien dalam menjual inventarisnya.

Selain itu, ada juga yang dinamakan rasio perputaran aset (asset turnover ratio). Pendapatan yang efisien dari aset perusahaan berkat likuidasi stok tersebut, juga akan mempengaruhi tolak ukur rasio perputaran aset.

Strategi Likuidasi Stok yang Efektif

Karena manfaat dari likuidasi stok yang besar, maka tidak heran jika perusahaan kerap melakukan likuidasi stok. Namun, apa saja strategi efektif yang dapat dilakukan perusahaan dalam melakukannya? 

1. Diskon dan Promosi

Menjual kembali stok barang yang berlebih dengan harga diskon, tentu akan menarik perhatian pembeli. Namun, perusahaan perlu menerapkan strategi diskon yang terbukti efektif dalam proses likuidasi, contohnya:

Bersamaan dengan diskon, likuidasi stok berlebih juga perlu dibarengi dengan promosi. Perusahaan dapat meningkatkan exposure melalui jalur digital seperti pesan menarik melalui sosial media, hingga memanfaatkan e-commerce ternama.

2. Inovasi dalam Penjualan

Tidak hanya strategi diskon maupun promosi saja, namun penjualan pun juga ada strateginya tersendiri. Di era modern seperti saat ini, inovasi menjadi hal terpenting agar perusahaan mampu bersaing.

Hal ini mengingat bila produk yang dijual berasal dari sisa penyimpanan di gudang. Maka itu, perusahaan dapat mencoba menjual stok barang yang masih ada dengan mencontoh cara seperti berikut:

3. Kerjasama dengan Pihak Ketiga

Melakukan likuidasi pada stok berlebih tidak harus dilakukan sendiri. Perusahaan dapat mengandalkan pihak ketiga untuk membantu proses tersebut. Strategi ini juga merupakan langkah yang tidak kalah efektifnya.

Adapun pihak ketiga yang bisa diajak kerjasama seperti perusahaan likuidasi, lembaga amal, atau perusahaan lain yang ingin membeli. Manfaat dari strategi kerjasama ini juga sangat positif, yakni:

Jika ingin bekerjasama, pastikan dahulu jika pihak ketiga tersebut sudah terpercaya. Saat penting bagi perusahaan untuk melakukan riset, sebelum mempercayai likuidasi dengan pihak ketiga.

Tangani Stok Berlebih Anda bersama Zaapko

Excess stock atau stok berlebih merupakan beban yang harus segera dilikuidasi oleh perusahaan. Akan tetapi, likuidasi bukan hal yang dapat dianggap sepele, bahkan beresiko jika tidak dilakukan dengan perencanaan.

Apabila perusahaan ingin melakukan likuidasi yang aman, maka jangan takut untuk mengandalkan Zaapko. Zaapko merupakan leading brand B2B e-commerce yang dapat membantu likuidasi stok yang berlebih.

Dengan Zaapko, perusahaan dapat mempromosikan stok yang ingin dilikuidasi melalui website. Zaapko juga akan mengidentifikasi pembeli terhadap stok yang dijual, sehingga dapat meningkatkan profitabilitas dan efisiensi perusahaan.

Karena itu, tangani likuidasi stok berlebih bersama Zaapko. Karena sebagai excess inventory solutions terpercaya, Zaapko akan mengatasi permasalahan proses likuidasi stok dengan cepat dan harga yang terbaik.