Ubah Kelebihan Stok Jadi Uang Bersama Zaapko

Kelebihan stok, overstock, excess inventory atau surplus inventory, merupakan tantangan yang akan dihadapi dalam pengelolaan bisnis. Tidak hanya out of stock atau dead stock saja, stok yang berlebih juga menimbulkan masalah besar.

Surplus inventory itu sendiri adalah kondisi jumlah barang atau produk yang lebih besar, daripada jumlah yang laku terjual. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan berbagai biaya, seperti sewa gudang dan penyimpanan.

Karena itu, jangan biarkan stok yang masih menumpuk di gudang menjadi beban yang akan semakin meningkat. Mari ketahui bagaimana stok tersebut dapat diubah menjadi duit dengan mudah, melalui pembahasan berikut.

Kenapa Kelebihan Stok Terjadi?

Ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan terjadi kelebihan stok atau excess stock yang dimiliki. Penyebabnya pun juga tergantung dari bisnis yang dikelola. Berikut beberapa macam hal yang menyebabkan stok berlebih:

Apabila dibiarkan, maka tidak hanya sekedar biaya saja yang akan membengkak. Kualitas barang yang ditimbun akan menurun akibat lama disimpan, sehingga tidak layak dijual dan perusahaan menjadi rugi besar.

Cara Zaapko Mengubah Kelebihan Stok Anda Menjadi Uang

Lantas, apa saja cara yang dapat dilakukan untuk mengubah stok yang berlebih menjadi uang? Inilah cara Zaapko sebagai solusi yang dipercaya mengatasi surplus inventory, serta menghasilkan uang darinya:

1. Meningkatkan Laba Bersih

Salah satu faktor yang terpengaruh akibat kelebihan stok, yaitu laba bersih yang didapatkan dalam usaha. Laba bersih merupakan jumlah sisa pendapatan, setelah mengurangkan semua biaya dan pengeluaran.

Di Zaapko, perusahaan akan dapat meningkatkan laba bersih dengan melakukan likuiditas surplus inventory. Hal ini dapat dilakukan mengingat Zaapko merupakan brand B2B (business-to-business) e-commerce.

Metode penjualan B2B e-commerce akan dapat meningkatkan efisiensi dari upaya penjualan. Hal ini dapat mengurangi biaya infrastruktur, sehingga laba bersih dan arus kas (cash flow) makin meningkat.

2. Mengoptimalkan Modal Kerja

Modal kerja atau working capital merupakan kemampuan perusahaan untuk membayar biayanya sehari-hari. Jika dioptimalkan, modal kerja akan membantu memenuhi kebutuhan operasional dan investasi bisnis.

Di Zaapko, likuiditas surplus inventory tidak hanya untuk mengoptimalkan modal kerja, namun juga mengurangi biaya penyimpanan dan distribusi. Berikut bagaimana Zaapko dapat mengoptimalkan siklus modal kerja:

3. Melakukan Likuidasi Stok Barang 

Metode likuidasi (inventory liquidation) merupakan metode proses penjualan semua barang pada stok. Proses ini dianggap sebagai opsi terakhir, namun likuidasi dapat menjual barang yang berlebih sebelum tidak dapat dijual.

Likuidasi dapat dilakukan untuk meminimalkan kerugian dengan “membersihkan” stok berlebih dari neraca keuangan (balance sheet). Untuk melakukan likuidasi stok barang, cara yang akan dipakai yaitu:

Di Zaapko, perusahaan dapat melakukan likuidasi segala jenis produk mengesampingkan spesifikasinya. Mulai dari ukuran, nilai barang, hingga mobilitas, semuanya dapat dilikuidasi untuk mendapat uang.

4. Menjual Produk dengan Harga Terendah

Kelebihan stok barang, dapat diatasi dengan menjual barang atau produk tersebut dengan harga terendah. Hal ini dipercaya dapat menumbuhkan minat konsumen untuk membeli stok barang yang berlebih.

Di Zaapko, pembeli akan mendapatkan barang yang berlebih dengan harga terendah, namun kualitas yang terbaik. Pembeli juga dapat memberikan persyaratan mengenai barang, agar Zaapko dapat membantu menemukan stok barang yang sesuai.

Selain itu, Zaapko juga memberikan penawaran diskon pada produk-produk yang dijual, hingga 50%. Proses pengiriman juga sudah dikelola oleh Zaapko, sehingga pembeli akan mendapat barang dengan segera.

5. Menciptakan One-stop Shopping

One-stop shopping merupakan strategi dengan menyediakan beberapa layanan pada satu tempat atau situs. Hal ini dipercaya dapat memberikan kemudahan untuk konsumen, sehingga mereka akan tetap berbelanja di sini.

Di Zaapko, one-stop shopping diimplementasikan sebagai situs yang memudahkan pembelian stok barang berlebih secara online. Produk yang dijual juga terbagi menjadi beberapa kategori dengan tampilan user-friendly.

Lantas, bagaimana one-stop shopping dapat membantu mengatasi stok yang berlebih? Berikut manfaat situs one-stop shopping Zaapko sebagai solusi mengurangi surplus inventory:

6. Memfasilitasi Kredit Modal

Hal terakhir untuk memitigasi berlebihnya stok barang adalah dengan kredit modal (working capital loan). Kredit ini dapat digunakan untuk menutupi pengeluaran usaha, salah satunya biaya penyimpanan stok.

Meskipun cara ini tidak membantu mengurangi stok barang berlebih secara langsung, namun kredit dapat dipakai sebagai likuiditas tambahan.  Perusahaan dapat melakukan strategi pemasaran stok barang kembali.

Di Zaapko, peminjam akan mendapatkan kredit modal dari partner kredit yang terpercaya, dengan proses yang cepat. Dapat dipastikan, pinjaman akan memiliki bunga yang rendah, untuk membantu perusahaan.

Tangani Kelebihan Stok Anda Bersama Zaapko

Overstock inventory tentu bukan masalah yang mudah ditangani, terutama perusahaan baru. Karena itu, Zaapko hadir untuk membantu perusahaan untuk mengelola stok yang kelebihan kembali menjadi uang.

Zaapko adalah brand B2B e-commerce di Indonesia yang berfokus melikuidasi surplus dan used inventory. Zaapko dapat membantu mencari pembeli surplus yang tepat, untuk mengatasi masalah stok berlebih.

Perusahaan juga dapat memanfaatkan situs e-commerce Zaapko untuk memasarkan persediaan barang. Dengan begitu, perusahaan dapat menghemat waktu siklus pasar, sehingga turut membantu keuangan atau modal kerja perusahaan.

Maka itu, segera atasi permasalahan yang dimiliki mengenai kelebihan stok bersama Zaapko. Perusahaan akan mendapatkan solusi terbaik penanganan surplus inventory, serta keuntungan dari stok tersebut.