Kelebihan Inventaris Perusahaan

Mengelola inventaris perusahaan tidak semudah apa yang terlihat. Terutama jika kuantitas barang yang dimiliki, sudah melebihi batasan yang diperlukan perusahaan. Kira-kira, seperti apa inventaris yang dimaksud?

Singkatnya, inventaris barang adalah barang-barang yang akan dipakai atau dimanfaatkan atau perusahaan. Semua aset ini akan dicatat sebagai dokumentasi penting, supaya memudahkan pengelolaan barang.

Akan tetapi, apa yang perlu dilakukan jika barang inventaris berlebih, sementara perusahaan tidak memakai semua barang inventaris di gudang? Ini yang akan menjadi pembahasan yang perlu perusahaan pelajari.

Pengertian Inventaris Perusahaan

Inventaris perusahaan adalah daftar yang berisikan catatan, mengenai barang-barang yang disimpan perusahaan tersebut. Adapun barang yang dimiliki dapat berupa produk, material, atau aset perusahaan.

Mencatat inventaris perusahaan tidak semudah yang terdengar. Perusahaan perlu mempersiapkan seluruh data aset, pencatatan data tersebut, hingga proses rekonsiliasi, agar informasi yang tercatat terbukti benar dan valid.

Lalu, apa gunanya membuat inventaris, jika barang atau aset tersebut memang sudah ada dan diketahui oleh perusahaan yang memilikinya? Jangan salah, karena kegunaan inventaris ini lebih dari sekedar informasi, yaitu:

Bagaimana Cara Mengelola Inventaris Perusahaan?

Karena pentingnya inventaris dalam perusahaan, maka tidak heran apabila setiap perusahaan perlu tahu bagaimana cara mengelolanya. Untuk itu, berikut apa saja yang harus dilakukan untuk membuatnya:

Dengan inventaris yang sudah dikelola, bukan berarti tugas perusahaan sudah selesai sampai di sini. Selanjutnya, barang inventaris perlu dikontrol kembali dengan mengandalkan otomatisasi manajemen inventaris.

Teknologi otomatisasi ini akan membantu mengoptimalkan kegiatan pencatatan setiap data aset yang ada di perusahaan. Alhasil, perusahaan akan dapat mengalokasikan waktunya untuk kegiatan operasional lain.

Terakhir, keamanan dari barang inventaris juga akan diperlukan, terutama untuk aset fisik. Dengan begitu, tidak hanya data aset yang semua sudah tercatat, barangnya juga aman dan terkontrol dengan baik.

4 Cara Zaapko Menangani Kelebihan Inventaris Perusahaan

Pembahasan di atas adalah bagaimana cara perusahaan mengelola inventaris perusahaan dengan benar. Namun, bagaimana jika inventaris yang dimiliki oleh perusahaan menjadi berlebih?

Salah satu solusi untuk menangani masalah inventaris berlebih atau surplus inventory, adalah dengan melakukan likuidasi aset. Likuidasi merupakan proses menjual aset, salah satunya inventaris yang dimiliki.

Akan tetapi, proses ini cukup sulit jika dilakukan oleh perusahaan itu sendiri. Terutama jika jenis inventaris yang dimiliki merupakan material atau sumber daya perusahaan. Lantas, seperti apa solusi terbaiknya?

Zaapko, dapat menjadi solusi bagi perusahaan yang ingin melakukan likuidasi inventaris dengan mudah, dan dengan harga terbaik. Berikut bagaimana Zaapko menangani kelebihan inventaris yang dimiliki:

1. Layanan Logistik

Pertama, Zaapko akan memberikan layanan logistik, yaitu layanan pengiriman inventaris kepada pembeli. Tujuan layanan ini adalah untuk memastikan proses pengiriman efektif, lancar, dan sampai ke tujuan.

Adapun layanan logistik yang diberikan oleh Zaapko, tidak semerta-merta pengiriman barang biasa. Zaapko akan menjalankan proses seperti perencanaan, pelaksanaan, monitoring, hingga pengecekan lokasi tujuan.

Seluruh prosedur yang dijalani oleh Zaapko sudah dilalui oleh rangkaian pengawasan, penyimpanan, dan pengecekan. Hal ini agar kualitas pelayanan logistik yang diberikan Zaapko akan memuaskan.

Perlu diingat, jika layanan logistik Zaapko tidak memandang ukuran, nilai barang, atau mobilitas dari inventaris yang hendak dilikuidasi. Jadi, perusahaan tidak perlu khawatir dengan layanan pengiriman Zaapko.

2. Nilai Uang Terjamin

Zaapko dapat dipercaya karena merupakan brand B2B e-commerce ternama, yang sudah memiliki banyak pengalaman. Pengalaman ini termasuk informasi mengenai harga-harga likuidasi inventaris yang terbaik.

Seperti yang diketahui, melikuidasi barang inventaris artinya perusahaan siap menerima sedikit kerugian. Hal ini karena harga jual barang inventaris tidak akan sebesar biaya pembelian, serta berbagai macam biaya lainnya.

Namun dengan Zaapko, perusahaan akan mendapatkan nilai uang dari likuidasi aset, dengan penawaran terbaik. Perusahaan tetap akan mendapatkan uang yang maksimal dari hasil likuidasi inventaris.

3. Servis Online 24/7

Kapan saja perusahaan membutuhkan likuidasi aset inventaris, Zaapko siap membantu secara 24 jam dalam seminggu. Zaapko memiliki servis online yang akan membantu perusahaan yang ingin likuidasi.

Pertama, Zaapko memiliki e-commerce dengan tampilan one-stop shopping. Perusahaan dapat mempublikasikan barang inventaris yang ingin dijual pada situs e-commerce Zaapko, sehingga dapat dipromosikan.

Pembeli yang ingin membeli inventaris tersebut, juga akan merasa lebih mudah berbelanja di e-commerce Zaapko. Akses yang mudah, serta desain situs yang user-friendly, akan membuat pembelian menjadi mulus.

Tidak hanya itu, Zaapko juga memiliki sales yang akan melakukan identifikasi pembeli barang inventaris. Hal ini akan mempermudah perusahaan untuk mencari pembeli yang benar-benar terpercaya untuk membeli inventaris.

Dengan identifikasi yang dilakukan Zaapko, perusahaan jadi tidak perlu mengeluarkan waktu dan tenaga untuk hal tersebut. Alhasil, perusahaan dapat meningkatkan arus kas, profitabilitas, serta mengurangi siklus pasar.

4. Harga Diskon

Siapa yang tidak menyukai diskon? Pemberian diskon dalam bentuk bulk, tentu akan memancing pembeli untuk membeli dalam jumlah besar. Ini merupakan strategi Zaapko dalam menangani surplus inventory.

Dengan Zaapko, setiap pembeli barang inventaris akan mendapatkan penawaran harga terbaik. Pasalnya, Zaapko akan memberikan penawaran diskon untuk segala jenis produk, hingga mencapai 50%.

Penawaran diskon ini akan membantu perusahaan untuk menemukan pembeli yang ingin membeli dalam kuantitas besar. Perusahaan akan dapat mendapatkan uang hasil penjualan inventaris dengan cepat.

Zaapko: Solusi Kelebihan Inventaris Anda

Dari penjelasan mengenai cara Zaapko menangani kelebihan inventaris, dapat disimpulkan bahwa Zaapko merupakan solusi terbaik bagi perusahaan. Zaapko akan membantu perusahaan menemukan pembeli yang tepat.

Apapun barang inventaris yang ingin dijual, semuanya akan dapat ditangani dengan efektif dan efisien oleh Zaapko. Baik itu inventaris barang kantor, inventaris pabrik, atau berbagai inventaris jenis perusahaan lainnya.

Maka itu, segera manfaatkan Zaapko untuk menangani inventaris perusahaan berlebih yang Anda miliki. Karena dengan Zaapko, Anda akan dapat mengelola manajemen inventaris Anda dengan lebih baik.