daftar harga sembako grosir 2024

Harga kebutuhan pokok selalu fluktuatif, yang artinya berubah-ubah mengikuti supply dan demand. Karena itu, distributor selalu perlu mengetahui daftar harga sembako, sebelum mempertimbangkan strategi baru.

Seperti yang diketahui, distributor tidak memproduksi sembako, melainkan membeli sembako melalui supplier. Akan ada harga yang ditetapkan oleh supplier, sebelum distributor kembali menjual sembako ke pihak konsumen.

Di saat kenaikan harga kebutuhan pokok pun, distributor juga tidak boleh sembarang menentukan harga baru. Mereka perlu mengikuti harga rata-rata sembako nasional, untuk memutuskan apa dan berapa yang akan dibeli.

Intip Harga Sembako di Tahun 2024

Pada dasarnya, sembako merupakan istilah grup yang merujuk kepada berbagai produk kebutuhan pokok. Setiap produk-produk ini tentu akan memiliki harga rata-rata sendiri yang perlu diikuti oleh masyarakat.

Sebagai perbandingan, daftar harga di bawah juga akan dibandingkan dengan harga dari salah satu supplier, misalnya Zaapko. Dari sini, distributor dapat menentukan manakah harga yang dapat dijadikan sebagai patokan.

Lalu, seperti apa harga yang berlaku untuk tiap produk sembako tersebut? Mari perhatikan daftar harga kebutuhan pokok untuk harga terbaru, disertai perbandingannya dengan harga yang tersedia di Zaapko:

Beras

Dimulai dari daftar harga sembako yang paling penting diketahui, yaitu beras. Perlu diingat, jika beras yang beredar memiliki kelas dengan harga yang berbeda. Ada yang beras kelas Medium, dan beras kelas Premium.

Untuk harga beras Medium, harga rata-rata yang ditetapkan adalah Rp14.200/Kg. Sementara untuk harga beras Premium, harga rata-rata yang ditetapkan adalah Rp16.350/Kg. Menurun dari harga minggu lalu.

Lalu, bagaimana dengan harga yang ditetapkan supplier seperti Zaapko? Saat ini, Zaapko memiliki harga beras kelas Medium Grade A, dengan harga yang ditetapkan sebesar Rp12.800/Kg, di mana lebih rendah dari rata-rata.

Bumbu Dapur

Selanjutnya, bumbu dapur juga termasuk sembako karena dibutuhkan sebagai bahan masakan. Bumbu dapur dapat terdiri dari bumbu dapur alami seperti bawang atau cabai, dan bumbu dapur instan dalam bentuk sachet.

Sepertinya halnya beras, sebagian bumbu dapur mengalami kenaikan harga, dan sebagiannya lagi menurun. Berikut daftar harga sembako berbagai bumbu dapur alami, sesuai rata-rata:

Sementara untuk bumbu dapur instan, umumnya dijual dalam bentuk dus, seperti salah satu brand Royco. Adapun varian Sup Jagung 50 gr sebanyak 48 pcs, dipatok dengan kisaran Rp381.000,- s/d Rp418.000,-.

Jika dibandingkan dengan harga bumbu dan bahan masakan di Zaapko, satu dus varian Sup Jagung ini diberi harga antara Rp272.000,- s/d Rp296.000,-. Juga seperti yang umum dijual, harga Zaapko juga memiliki 48 pcs per dus.

Mi Instan

Sebagai bahan pangan setengah jadi, mi instan kerap dijual sebagai sembako pokok oleh masyarakat. Dengan produknya yang beraneka ragam, harga yang diberikan untuk distributor juga berbeda-beda.

Sebagai salah satu contoh, mi instan Indomie dengan varian Mie Goreng Special dijual dengan kisaran Rp119.900,- hingga Rp129.000,-. Ini merupakan harga per dus, yang memiliki isi sebanyak 40 pcs.

Sementara itu, Zaapko menawarkan harga mie instan untuk kuantitas sama sebesar Rp118.000,-. Zaapko juga memiliki varian Kari Ayam dengan harga yang sama, serta Mi Soto dan Ayam Bawang seharga Rp113.000,-.

Sebagai referensi lain, mi instan seduh Mie Gelas dijual grosir dengan kisaran harga Rp14.250,- hingga Rp18.700,- per renteng (isi 10 pcs). Sementara, Zaapko menjual Mie Gelas varian Goreng seharga Rp9.500,- per renteng.

Makanan Ringan

Makanan ringan juga sering menjadi salah satu produk sembako yang dijual di warung maupun minimarket. Hal ini mengingat bahwa banyak anak-anak yang membeli makanan ringan dalam jumlah yang tidak sedikit.

Sebagai referensi, Biskuat Coklat varian 15.2gr dijual dengan kisaran harga Rp26.000,- hingga Rp37.000,- untuk 20 pcs per renteng. Sementara di Zaapko, distributor dapat membeli seharga Rp135.000,- per dus.

Dalam satu dus tersebut, terdapat 10 renteng, sehingga totalnya 200 pcs. Jika dibandingkan dengan harga grosir, harga Zaapko jauh lebih murah yaitu Rp13.500,- untuk setiap rentengnya.

Selain varian 15.2gr, ada juga varian yang lebih besar yaitu 34.2gr, dengan harga Rp22.000,- per renteng. Di Zaapko, distributor dapat membeli seharga Rp165.000,- per dus isi 10 renteng (Rp16.500,- per renteng).

Teh

Setelah membahas bahan makanan, mari mengetahui daftar harga sembako berupa minuman. Dimulai dari produk teh, yang umum dijual dalam bentuk kantong, dan disusun dalam satu kemasan panjang.

Sebagai contoh, Sariwangi yang dijual secara online yaitu dalam bentuk dus, dengan 25 kotak yang isinya 48 kantong teh. Harga rata-rata yang dijual mulai dari Rp245.000,- sampai dengan Rp300.000,- untuk satu dus.

Sementara di situs e-commerce Zaapko, Sariwangi juga dijual satu dus namun dengan isi 30 kotak, sehingga lebih banyak dari yang dijual rata-rata. Harga yang ditawarkan pun lebih murah, yaitu Rp244.000,- per dus.

Untuk referensi produk lainnya, terdapat Sarimurni yang dijual per dus sebanyak 180 pcs, dengan harga Rp214.000,-. Sementara situs e-commerce Zaapko, dibanderol dengan harga Rp143.000,- per dus.

Kopi

Selain teh, kopi juga dapat menjadi minuman alternatif yang tak kalah populernya di lingkungan sekitar. Kopi juga memiliki berbagai produk yang umumnya dijual dalam dus, terutama untuk distributor sembako.

Sebagai contoh, satu dus Torabika 3 in 1 New isi 12 renteng x 10 pcs, dibanderol dengan kisaran harga Rp202.800,- hingga Rp265.000,-. Sementara di Zaapko, harga 12 renteng x 10 pcs diberi harga Rp95.000,-.

Untuk perbandingan selanjutnya, Torabika Gilus Mix varian Gula Aren dijual 12 renteng x 10pcs, dengan harga Rp105.525,- sampai Rp143.000,-. Sementara di Zaapko, harga 12 renteng x 10 pcs diberi harga Rp78.000,-.

Zaapko: Supplier Terdepan untuk Distributor Sembako

Setelah melihat daftar harga sembako di atas, dapat disimpulkan jika Zaapko dapat menjadi sumber pasokan untuk para distributor sembako. Dengan harga yang lebih murah, distributor dapat mengantisipasi harga kebutuhan pokok yang naik belakangan ini.

Sebagai B2B e-commerce terdepan, Zaapko tidak hanya sekedar menjual harga sembako yang lebih murah. Zaapko juga menyediakan berbagai layanan untuk mempermudah proses transaksi distributor sembako.

Setiap pembelian pasokan pada e-commerce Zaapko, distributor akan menerima layanan logistik yang berkualitas. Zaapko akan mengirimkan seluruh jenis pasokan sembako, hingga sampai ke tangan distributor.

E-commerce yang didesain Zaapko juga akan memudahkan distributor, untuk membeli pasokan sembako. Distributor akan dapat mengetahui spesifikasi pasokan, mulai dari minimum pembelian, tanggal kedaluwarsa, hingga jumlah stok.

Kesimpulannya, jangan khawatir dengan harga kebutuhan pokok naik, setelah melihat daftar harga sembako di atas. Karena dengan Zaapko, masih ada jalan keluar bagi distributor untuk mendapatkan pasokan yang tidak hanya murah, namun berkualitas.